Menjaga tekanan darah agar tetap normal merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar terhindar dari resiko yang berbahaya terhadap kesehatan misalnya terhindar dari hipertensi atau darah tinggi yang merupakan penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, kerusakan retina, dan gangguan lainnya. Semakin tinggi tekanan darah, maka semakin tinggi resiko kerusakan jantung, otak, dan ginjal.

Oleh karena itu, untuk menghindari komplikasi tersebut maka perlu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Tekanan darah dapat diketahui dengan cara diukur menggunakan tensimeter. Tensimeter ini memiliki banyak jenis seperti tensimeter analog, tensimeter digital, dan lainnya. Biasanya ketika memeriksa tekanan darah perlu dilakukan di klinik maupun layanan kesehatan lainnya. Namun, sekarang mengontrol tekanan darah bisa dilakukan di rumah secara mandiri yaitu menggunakan tensimeter digital. Tensimeter digital ini dapat dibeli di toko Galer! Med!ka dengan beragam merk dan tipe yang dapat dipilih sesuai kenyamanan.

10 Tips Mengukur Tekanan Darah Secara Akurat di Rumah

Mengukur tekanan darah bisa dilakukan secara mandiri di rumah menggunakan tensimeter digital. Tensimeter digital merupakan salah satu inovasi di bidang kesehatan yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam membaca tekanan darah. Namun, tentunya penggunaan tensimeter ini harus sesuai agar hasilnya lebih akurat. Tentunya ada teknik yang harus diketahui saat melakukan pengukuran tekanan darah agar hasilnya lebih akurat. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengukur tekanan darah yang lebih akurat.

10 Tips Mengukur Tekanan Darah Secara Akurat

Mengukur tekanan darah memanglah mudah, namun tentunya perlu mengikuti cara yang benar agar hasilnya lebih akurat. Berikut merupakan tips yang dapat dilakukan untuk mengukur tekanan darah sehingga lebih akurat

1. Periksa Lingkungan

Lingkungan sekitar dapat berpengaruh terhadap hasil pembacaan tekanan darah. oleh karena itu lebih baik saat melakukan pengukuran untuk berada di tempat yang tenang dan nyaman. Hindari tempat yang ramai, banyak gangguan, ataupun situasi yang menyebabkan stres. Duduklah di kursi yang membuat punggung tegak dan kaki menapak pada lantai.

2. Istirahatlah Sebelum Melakukan Pengukuran

Sebelum melakukan pengukuran tekanan darah sangat penting untuk beristirahat minimal lima menit. Jangan mengukur tekanan darah setelah aktivitas fisik, makan, minum-minuman kafein, dan merokok. Duduklah dengan tenang agar tubuh lebih rileks dan memastikan bahwa faktor eksternal tidak menyebabkan tekanan darah meningkat.

10 Tips Mengukur Tekanan Darah Secara Akurat di Rumah

3. Posisi yang Tepat

Posisi yang tepat merupakan salah satu kunci dalam pengukuran tekanan darah yang akurat. Duduk dengan tegak, lengan tangan sejajar dengan jantung, tangan menghadap keatas, manset berada 1-2 cm diatas siku, dan beri jarak antara manset dengan lengan sekitar dua jari. Untuk mengetahui posisi yang sesuai dapat dilihat pada gambar berikut ini: Posisi yang tepat saat pengukuran tekanan darah

4. Jadwal Pemeriksaan Teratur

Konsisten dalam memantau tekanan darah agar mengetahui perubahan dari sebelumnya. Ukur tekanan darah setiap hari sebaiknya pada waktu pagi dan sore hari. Jangan mengulang-ngulang mengukur tekanan darah dalam waktu berdekatan karena dapat mengganggu hasil tekanan darah.

5. Hindari Kafein dan Rokok

Kafein dan rokok dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat sehingga menyebabkan hasil pembacaan tidak akurat. Hindari rokok dan kafein setidaknya selama 30 menit sebelum melakukan pengukuran agar zat-zat yang ada pada rokok tidak menyebabkan kenaikan yang tinggi pada tekanan darah.

6. Pertahankan Posisi Lengan

Sepanjang proses pengukuran tekanan darah, penting untuk menjaga posisi lengan agar tetap diam. Pastikan tidak bergerak atau berbicara saat sedang melakukan pengukuran tekanan darah. Gerakan atau berbicara secara tiba-tiba dapat mempengaruhi keakuratan saat proses mengukur. Tetaplah diam hingga pengukuran selesai.

Baca artikel lainnya di Galeri Medika

7. Pantau Tingkat Stres

Stress dan kecemasan dapat berdampak secara besar terhadap hasil pembacaan tekanan darah. JIka sedang merasa stress atau cemas, sebaiknya tunggu hingga merasa rileks sebelum memulai pengukuran. Selain itu, stress secara terus-menerus juga akan mempengaruhi kondisi tekanan darah dalam tubuh, sehingga sangat penting untuk mengelola stress agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

8. Ukur di Kedua Lengan

Mengukur tekanan darah biasanya dilakukan pada tangan kiri karena lebih dekat dengan jantung. Namun, terkadang terdapat perbedaan hasil antara lengan kanan dan kiri. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang akurat maka ukur tekanan darah pada kedua tangan. JIka terdapat perbedaan yang besar antara kedua tangan segera konsultasikan kepada ahli kesehatan karena memungkinkan adanya masalah kesehatan.

9. Konsultasikan dengan Ahli Kesehatan

Meskipun memantau tekanan darah di rumah merupakan hal yang paling mudah dilakukan dan mendasar untuk menjaga kesehatan. Namun, penting dilakukan juga untuk memeriksa tekanan darah secara rutin dengan ahli kesehatan yaitu diskusikan hasil pembacaan tekanan darah kepada dokter, sehingga dapat diberi panduan pengobatan apabila diperlukan.

10 Tips Mengukur Tekanan Darah Secara Akurat di Rumah

10. PIlih Tensimeter yang Tepat

Tensimeter yang cocok digunakan di rumah yaitu tensimeter digital. Selain mudah ditemukan dimana saja, tensimeter digital juga mudah digunakan terutama bagi pengguna pertama kali. Banyak tensimeter yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhanmu. Pilihlah tensimeter yang nyaman, ukurannya sesuai, dan memiliki fitur yang dibutuhkan. Toko yang menyediakan tensimeter dengan beragam fitur dan spesifikasi yaitu Galeri Medika.

Itulah pembahasan mengenai tips mengukur tekanan darah yang akurat di rumah. Selain menjaga tekanan darah tetap normal, mengukur tekanan darah secara rutin dapat membantu dalam mendiagnosis terkait penyakit atau masalah kesehatan yang sedang terjadi pada tubuh. Tekanan darah dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik secara internal maupun eksternal, tentunya sebelum melakukan pengukuran yang harus diperhatikan adalah kondisi lingkungan, kondisi tubuh, aktivitas sebelumnya, makanan yang dikonsumsi, dan lainnya agar hasil pengukuran lebih akurat.

Ingin tahu info menarik lainnya? Yuk, kunjungi website Galeri Medika. Selain informasi seputar kesehatan, Galeri Medika juga menyediakan berbagai macam alat kesehatan yang dijamin 100% original dan dapat dikirim ke seluruh penjuru Nusantara.

Klik Untuk Lihat Sumber>

https://www.omronbrandshop.com/health-and-lifestyle/cardiovascular-health/10-tips-for-accurate-blood-pressure-readings-at-home/
https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/5/apa-komplikasi-berbahaya-dari-hipertensi#:~:text=Jika%20tidak%20terkontrol%2C%20Hipertensi%20dapat,Penyakit%20Ginjal